Belajar dari Pengalaman SNMPTN untuk Persiapan SBMPTN 2018


info-snmptn-dan-sbmptn

Sudah bukan musim menangis karena tidak lolos SNMPTN. Karena memang peluangnya sangat ketat. Jalur SNMPTN itu jalur istimewa, tidak sembarang orang bisa lolos. Selain alur SNMPTN, ada juga jalur SBMPTN. Kedua jalur ini yang jadi favorit masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).Sebenarnya masih banyak jalur sih, tapi yang jadi fokus perhatian banyak orang itu SNMPTN dan SBMPTN.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)


Sedikit gambaran, SNMPTN itu seperti jalur undangan dari PTN. Jadi aku menganggap ini jalur istimewa, dan pesertanya juga pastinya istimewa. Tidak semua siswa-siswa dari sekolah kalian bisa jadi peserta SNMPTN. Ada seleksi awal untuk menjadi peserta, biasanya disebut pemeringkatan. Baru setelah dinyatakan lolos pemeringkatan, baru bisa daftar SNMPTN. Untuk jadi peserta harus daftar dulu, tapi kalo ngga ada niatan kuliah ga perlu daftar.

Hal-hal yang paling penting dalam Daftar SNMPTN

1. Pertimbangkan pilihan universitas

Kalo niatnya sejak awal adalah lolos SNMPTN, ada baiknya memilih universitas yang banyak alumni sekolah yang diterima di PTN tsb. Dengan pertimbangan itu, kemungkinan lolos masih bisa.

2. Tingkat persaingan prodi di PTN

Lagi-lagi ini menjadi pertimbangan kalian kalo pengen lolos SNMPTN. Karena semakin tinggi tingkat persaingannya akan semakin sulit.

Dua hal itu sudah cukup untuk dijadikan pertimbangan buat kalian. Biasanya orang-orang mikirnya itu Reputasi PTN, Akreditasi Prodi, dan Minat belajar. Oke, semua itu emang penting. Tapi kalo dari aku sendiri semua PTN itu reputasinya baik. Kalo akreditasi program study di PTN intinya lebih baik daripada yang swasta. Kalo minat belajar itu dari diri sendiri, jika ada niatan untuk belajar pasti ada jalan untuk bisa mempelajarinya.

Pengumuman SNMPTN

Ini adalah waktu yang paling menegangkan, kalo dinyatakan tidak lolos yang sabar aja lah.. toh juga masih ada SBMPTN. Kalo dinyatakan lolos, nanti ada tahap verifikasi. Verifikasi ini sangat penting untuk reputasi sekolah. Karena kalo ada yang lolos SNMPTN tapi tidak mau karena beberapa alasan itu kasihan adik-adik kelasnya karena ga bisa daftar di PTN tsb. Sekolah di backlist dan dampaknya adalah dirasakan adik-adik kelas.

Masih seputar pengumuman SNMPTN, dari hasil survey dari aku sendiri yang lolos SNMPTN itu semuanya di pilihan PTN pertama dan prodi pertama.

presentase-persebaran-kelulusan-snmptn

Untuk info lebih lengkap mengenai SNMPTN bisa klik DISINI

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)


Pendaftaran SBMPTN biasanya dibuka setelah pengumuman SNMPTN. Untuk info lebih jelasnya bisa klik DISINI

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Secara sederhana, SNMPTN itu tanpa tes apapun sedangkan SBMPTN ada tes.
Perbedaan lainnya bisa dilihat dari tabel berikut.

Source by Zenius.net



Sudah tau kan, perbedaan SNMPTN dan SBMPTN ?. Sekarang yang jadi pertanyaan "Apakah masih mau jadi pejuang?" Karena, biasanya itu banyak pejuang SNMPTN yang mundur sebelum pertemburan SBMPTN dimulai.

Alasan mereka beragam, tapi kebanyakan alasan mereka ya berikut ini.

1. Males mikir tes
2. Tidak punya banyak waktu
3. Tidak boleh orang tua

Ketiga alasan itu adalah masalah. Setiap masalah ada solusi. Solusi itu dari dirimu sendiri.
Baik, itu alasan mereka menyerah. Lalu apa alasan memperjuangkan? Jawaban itu akan terjawab ketika kalian memperjuangkan.

Untuk memperjuangkan SBMPTN, perlu strategi-strategi khusus dalam menghadapinya. Bagaimana membangun strategi itu?

1. Perdalam materi dan soal-soal SBMPTN
2. Persiapan mental dan fisik
3. Tenang dalam menghadapi SBMPTN
4. Ikhlas atas hasil akhir yang diterima

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Belajar dari Pengalaman SNMPTN untuk Persiapan SBMPTN 2018