PEMBAHASAN SOAL UN GEOGRAFI 2013-2014

Perlu diketahui... kunci jawaban ini dibuat bukan berdasarkan kunci jawaban asli UN 2013-2014 akan tetapi kunci jawaban  versi rianirohmawati. Maka dari itu mohon koreksinya apabila dirasa ada kekeliruan dan kesalahan.


1. Alang-alang (rumput liar) dapat tumbuh di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari. Sebaliknya lumut hanya tumbuh di daerah yang kurang mendapatkan sinar matahari (teduh) dan mempunyai tingkat kelembaban tinggi.
Konsep geografi untuk fenomena tersebut adalah ...

a. Konsep interaksi dan interdependensi

b. Konsep  diferensiasi area

c. Konsep keterkaitann keruangan
d. Konsep pola
e. Konsep lokasi


Jawaban: C
Konsep keterkaitan keruangan pada umumnya menjelaskan keterkaitan, persebaran suatu fenomena dengan fenomena lain disuatu tempat. Dalam soal ini dijelaskan kaitan antara fenomena di rempat dengan banyak matahari dan sedikit matahari dikaitkan dengan jenis flora yang dapat tumbuh di daerah tersebut.

2. Surabaya – Sidoarjo mempunyai jarak 28 km dan setiap hari terjadi interaksi penduduk yang tinggi. Sebagian besar penduduk Sidoarjo bekerja di kota Surabaya sebagai penglaju.
Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah ...
a. Konsep interdependensi
b. Konsep pola
c. Konsep morfologi
d. Konsep keterkaitan keruangan
e. Konsep jarak

Jawaban: E
Kata kunci dalam soal ini  adalah jarak 28 km menunjukan jarak absolut antara Surabaya dan Sidoarjo. Konsep jarak juga dapat dinyatakan secara relatif, pada umunya dalam satuan waktu misalnya Surabaya – Sidoarjo ditempuh selama 4 jam perjalanan.

3. Permukiman penduduk di pulau Kalimantan pada umumnya memanjang di sepanjang sungai.
Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena adalah ...
a. Konsep lokasi
b. Konsep jarak
c. Konsep pola
d. Konsep keterjangkauan
e. Konsep interaksi interdependensi
Jawaban: C

Konsep pola menunjukan susunan bentuk persebaran fenomena dalam ruang di muka bumi. Dalam soal ini ditunjukan ruang pemukiman di pulau Kalimantan bentuknya memanjang mengikuti sungai.

4.Daerah gurun mempunyai suhu lebih panas dibandingkan daerah tropis, sehingga sangat sedikit mamalia besar yang mampu hidupdengan baik di daerah tersebut.
Konsep geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut adalah ...
a. Konsep lokasi
b. Konsep interaksi
c. Konsep nilai kegunaan
d. Konsep keterjangkauan
e. Konsep diferensiasai area

Jawaban: E
Konsep diferensiasi area menjelaskan mengenai fenomena suatu tempat mempunya ciri khas tersendiri dan berbeda dengan corak di wilayah lainnya. Dan dalam diferensiasi area inilah akan mendorong terjadinya interaksi antara wilayah. Dalam hal iini ada pembeda mengenai suhu antara daerah gurun dan daerah tropis. Sehingga mengakibatkan daya tahan suatu hewan di wilayah yang bersangkutan.

5. Objek wisata Api Tak Kunjung Padam di kabupaten Bojonegoro, berdekatan dengan lokasi kolam air hangat.
Konsep geografi yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah ...
a. Konsep interdependensi
b. Konsep pola
c. Konsep morfologi
d. Konsep keterkaitan keruangan
e. Konsep jarak

Jawaban: E
Selain dinyatakan dalam satuan km/mill maupun satuan waktu. Konsep jarak juga berkaitan dengan upaya pemenuhan kebutuhan/keperluan pokok kehidupan seperti air, tanah subur, pusat pelayanan dll.

6. Dengan menggunakan pesawat terbang Jakarta – Surabaya dapat ditempuh dalam waktu 1,5 Jaam, tetapi dengan menggunakan kereta api, ditempuh dalam waktu 12 jam.
Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut yaitu ...
a. Konsep pola
b. Konsep interaksi
c. Konsep keterjangkauan
d. Konsep deferensiasi area
e.  Konsep morfologi

Jawaban: C
Konsep keterjangkauan tidak akan selalu berkaitan dengan jarak suatu wilayah akan tetapi menjelaskan adanya sarana transportasi atau angkutan antar satu wilayah ke wilayah lain. Jadi meskipun pada soal ini ada satuan jarak relatif berupa saruan waktu tetapi terdapat jenis sarana transportasi disini, sehingga soal ini condong pada konsep keterjangkauan.

7. Teluk Kilauan yang memiliki berjuta daya tarik wisata belum dapat dijadikan sebagai tujuan wisata utama bagi masyarakat Lampung akibat rute perjalanan yang curam dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang besar.
Konsep geografi yang berkaitan dengan informasi tersebut adalah ...
a. Konsep pola
b. Konsep lokasi
c. Konsep morfologi
d. Konsep aglomerasi
e. Konsep keterjangkauan

Jawaban: E
Selain berkaitan dengan sarana trasnportasi maupun komunikasi antar satu wilayah dengan wilayah lain. Konsep keterjangkauan juga berkaitan dengan kondisi medan suatu wilayah seperti rintangan medan, rintangan sosial di wilayah tersebut.
NB: untuk lebih jelas lagi mengenai konsep-konsep geografi silahkan membaca buku nya Prof Haryono judulnya “Bunga Rampai Pemikiran Geografi dan Lingkungan Hidup dalam Pendidikan dan Pengajaran”

8. Pembangunan kawasan permukiman yang dilengkapi dengan pembangunan fasilitas umum, infrastruktur di wilayah perkotaan terus dikembangkan. Pembangunan jugamelibatkan wilayah sekitar.
Pendekatan geografi untuk pelaksanaan kegiatan tersebut adalah ...
a. Pendekatan spasial
b. Pendekatan keruangan
c. Pendekatan ekologi
d. Pendekatan kelingkungan
e. Pendekatan kompleks wilayah

Jawaban: E
Pendekatan kewilyahan merupakan gabungaan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Dimana pendekatan kewilayahan juga menjelaskan adanya interaksi antara kedua wilayah tersebut. Kata kunci dari soal ini adalah melibatkan wilayah sekitar. Bahwa jika ingin membangun suatu wilayah dan wilayah tersebut dapat berkembang maka dibutuhkan pembangunan di wilayah lain sehingga nanti akan mengakibatkan interaksi.

9.Pemerintah kabupaten kota merencanakan pembangunan kawasan permukiman pada lahan-lahan kosong. Dalam perencanaan tersebut tentunya memperhitungkan kawasan sekitarnya.
Pendekatan geografi yang dapat digunakan untuk mengkaji perencanaan tersebut adalah ...
a. Pendekatan keruangan
b. Pendekatan ekologi
c. Pendekatan spasial
d. Pendekatan kompleks wilayah
e. Pendekatan lingkungan

Jawaban: D
Pendekatan kewilyahan merupakan gabungaan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Dimana pendekatan kewilayahan juga menjelaskan adanya interaksi antara kedua wilayah tersebut. Kata kunci soal ini masih sama yaitu kawasan sekitar.
NB: untuk soal no 8 dan 9 sebenarnya saya pertama menjawab adalah pendekatan keruangan tapi setelah melihat adanya kata kunci kawasan lain disekitaarnya saya bingung antara pendekatan keruangan dan pendekatan kewilayahan. Tapi saya mencari jalan pintasnya yaitu lihat pilihannya ya.. dipilihan ganda tersebut ada double seperti pendekatan keruangan dengan pendekatan spatial (itu jelas 1 kan) dan pendekatan kelingkungan dan pendekatan ekologi (itu juga jelas sama). Makanya jawaban yang paling mungkin dari nomor 8 dan 9 ada kewilayahan atau region. Tapi ini cara bodoh jangan diikuti... diikuti hanya saat kalian frustasi saja... hehehe

10. Hujan deras yang mengguyur kota Medan beberapa waktu lalu mengakibatkan banjir di beberapa lokasi kota tersebut.
Pendekatan yang diperlukan untuk mengkaji permasalahan tersebut adalaha ...
a. Pendekatan ekologi
b. Pendekatan sejarah
c. Pendekatan komplek wilayah
d. Pendekatan deskripsi
e. Pendekatan keruangan

Jawaban: E
Pendekatan keruangan/spatial menjelaskan mengenai fenomena disuatu ruang/wilayah berdasarkan penyebaran ruang. Dalam soal ini terjadi hujan di suatu daerah yang menyebabkan sebaran banjir di beberapa titik di wilayah/kota tersebut.
11. Rencana pemindahan ibukota Provinsi Lampung masih terus dikaji. Walaupun lokasi sudah ditentukan tetapi masih banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, seperti: aspek politik, ekonomi, sosial, dan budaya serta dampaknya bagi masyarakat secara umum.
Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ...
a. Pendekatan sejarah
b. Pendekatan ekologi
c. Pendekatan korologi
d. Pendekatan keruangan
e. Pendekataan kompleks wilayah

Jawaban: D
Pendekatan keruangan/spatial menjelaskan mengenai fenomena disuatu ruang/wilayah berdasarkan penyebaran ruang. Pendekatan keruangan (dalam soal-soal UN) biasanya menjelaskan hanya mencakup satu ruang saja.

12. Pada musim kemarau selalu terjadi bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena masyarakat membuka areal pertanian dengan cara membakar lahan.
Pendekatan geografi untuk melengkapi fenomena tersebut adalah ...
a. Pendekatan keruangan
b. Pendekatan spatial
c. Pendekatan kewilayahan
d. Pendekatan kelingkungan
e. Pendekatan kompleks wilayah

Jawaban: D
Pendekatan kelingkungan atau ekologi menekankan pada hubungan timbal balik atau sebab akibat antara fenomena alam dengan aktivitas manusia, fenomena alam dengan fenomena alam maupun aktivitas manusia dengan fenoena alam. Dalam hal ini karena masyarakat membuka areal pertanian dengan membakar lahan (akivitas manusia) akan menimbulkan kabut asap di Wilayah Kalimantan dan Sumatera (fenomena alam)

13. Masalah kemacetan lalu lintas di Ibukota Jakarta, penanganannya tidak hanya menganalisis kondisi penduduk dan sarana transportasi yang ada di Jakarta, tetapi perlu juga secara komprehensif melibatkan kondisi yang ada di wilayah sekitarnya seperti Bekasi, Depok dan Tangerang.
Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ...
a. Pendekatan lokasi
b. Pendekatan keruangan
c. Pendekatan ekologi
d. Pendekatan kewilayahan
e. Pendekatan interaksi

Jawaban: D
Pendekatan kewilyahan merupakan gabungaan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Dimana pendekatan kewilayahan juga menjelaskan adanya interaksi antara kedua wilayah tersebut. Dalam soal ini, jika ingin mengurai masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta tidak hanya Jakarta yag harus dibenahi akan tetapi juga secara menyeluruh  membenahi masalah kemacetan di Bekasi, Depok dan Tangerang.

14. Alih fungsi lahan untuk permukiman, vila, resort dan hotel di wilayah Bogor dan Bandung menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Jakarta.
Pendekatan geografi yang tepat untuk mengatasi banjir di Jakarta adalah ...
a. Pendekatan ekologi
b. Pendekatan kronologi
c. Pendekatan keruangan
d. Pendekatan kewilayahan
e. Pendekatan spasial

Jawaban: D
Pendekatan kewilyahan merupakan gabungaan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Dimana pendekatan kewilayahan juga menjelaskan adanya interaksi antara kedua wilayah tersebut. Dalam soal ini adnya interaksi antara wilayah yakni Bogor dan Bandung sebagai sebab dari terjadinya banjir yang terjadi di Jakarta.
NB: untuk lebih jelas  mengenai pendekatan geografi silahkan baca buku bapak Hadi Sabari Yunus dengan judul “Metodologi Penelitian Wilayah Konteporen”

15. Artikel tentang kondisi daerah kabupaten Bantul, selain informasi tulisan juga ditampilkan peta, grafik dan tabel.
Prinsip geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ...
a. Prinsip interelasi
b. Prinsip deskripsi
c. Prinsip korologi
d. Prinsip persebaran
e. Prinsip ekologi

Jawaban: B
Pada prinsip deskripsi ini menjelaskan lebih mendetail mengenai sebuah fenomena. Biasanya pada prinsip deskripsi dijabarkan dalam bentuk peta, grafik, tabel maupun data yang mendukung lainnya

16. Fenomena alam yang berupa gempa tektonik yang terjadi di kawasan Indonesia. Ada kaitannya dengan pergerakan lempeng tektonik, antara lempeng Pasifik, Eurasia dan lempeng Indo Australia.
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...
a. Prinsip distribusi
b. Prinsip interelasi
c. Prinsip korologi
d. Prinsip deskripsi
e. Prinsip interaksi

Jawaban: B
Prinsip interelasi menyatakan hubungan antara suatu fenomena yang satu dengan fenomena yang lain di muka bumi. Pada soal ini menjelaskan hubungan antara gempa tektonik dengan pergerakan lempeng-lempeng.

17. Kegiatan penduduk desa sangat dipengaruhi oleh lingkungan alamnya, seperti kondisi iklim, tanah, dan air. Curah hujan yang cukup, tanah yang subur, serta air yang bagus akan membuat masyarakat desa tersebut memilih bercocok tanam sebagai mata pencaharian yang utama.
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...
a. Prinsip deskripsi
b. Prinsip interelasi
c. Prinsip konologi
d. Prinsip interaksi
e. Prinsip distribusi

Jawaban: B
Prinsip interelasi menyatakan hubungan antara suatu fenomena yang satu dengan fenomena yang lain di muka bumi. Prinsip interalasi daapt menghubungkan antara fenomena fisik dengan fenomena fisik, fenomena fisik dengan fenomena sosial maupun fenomena sosial dengan fenomena sosial.

18. Bencana angin Puting Beliung menelan banyak korban, 100 orang kehilangan rumah, 5 orang meninggal tertimpa bangunan, 10 orang luka parah, dan 25 orang luka ringan.
Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami fenomena tersebut adalah ...
a. Prinsip persebaran
b. Prinsip interaksi
c. Prinsip deskripsi
d. Prinsip korologi
e. Prinsip komplek wilayah

Jawaban: C
Pada prinsip deskripsi ini menjelaskan lebih mendetail mengenai sebuah fenomena. Biasanya pada prinsip deskripsi dijabarkan dalam bentuk peta, grafik, tabel maupun data yang mendukung lainnya

19. Di Kalimantan Selatan banyak terdapat jenis tanah gambut, sedangkan di wilayah Jawa mayoritas tanah vulkanik.
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...
a. Prinsip diskripsi
b. Prinsip interelasi
c. Prinsip korologi
d. Prinsip interaksi
e. Prinsip distribusi

Jawaban: E
Prinsip distribusi merupakan gejala persebaran fenomena geosfer di muka bumi dimana persebarannya akan berbeda-beda antara suatu tempat dengan tempat lain. Dalam soal ini menjelaskan perbedaan fenomena tanah seperti gambut yang dijumpai di wilayah kalsel dan jenis tanah yang berbeda di tempat yang lain.

20. Tahun 2013 sering terjadi erupsi gunung berapi di Indonesia antara lain terjadi di Sulawesi, Sumatera dan Jawa.
Gejala dan fakta geografi yang terjadi sesuai dengan prinsip geografi yaitu ...
a. Prinsip korologi
b. Prinsip diskripsi
c. Prinsip interelasi
d. Prinsip persebaran
e. Prinsip interaksi

Jawaban: D
Prinsip distribusi merupakan gejala persebaran fenomena geosfer di muka bumi dimana persebarannya akan berbeda-beda antara suatu tempat dengan tempat lain. Dalam hal ini terjadi fenomena yang sama yaitu erupsi gunung berapi dimana tersebar di Sulawesi, Sumatera dan jawa.

21. Tanaman padi dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah yang memiliki curah hujan cukup.
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...
a. Prinsip distribusi
b. Prinsip persebaran
c. Prinsip deskripsi
d. Prinsip korologi
e. Prinsip interelasi

Jawaban: E
Prinsip interelasi menyatakan hubungan antara suatu fenomena yang satu dengan fenomena yang lain di muka bumi. Adanya hubungan sebab akibat antara curah hujan di suatu daerah dengan jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di suatu daerah.

22. Fenomena geosfer:
1) Tsunami Aceh; (aspek fisik)
2)  Banjir bandang Wasior; (aspek fisik)
3) Tingginya angka pengangguran; (aspek sosial)
4) Demonstrasi buruh; (aspek sosial)
5) Kebakaran hutan di Kalimantan; (aspek fisik)
6) Konflik Ambon akibat isu SARA. (aspek sosial)
Fenomena yang termasuk aspek sosial terdapat pada angka ...
a. 1), 2), dan 5)
b. 1), 3), dan 6)
c. 2), 4), dan 6)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 6)

Jawaban: E

23. Fenomena geosfer:
1) Tingginya tingkat kematian bayi; (aspek non-fisik)
2) Pengembangan wilayah permukiman; (aspek non-fisik)
3) Pergerakan lempeng tektonik; (aspek fisik)
4) Evakuasi korban bencana alam; (aspek non-fisik)
5) Terjadinya tanah longsor di pegunungan. (aspek fisik)
Aspek nonfisik geografi terdapat pada angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 3), dan 5)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

Jawaban: B

24. Penurunan permukaan tanah di Jakarta terjadi karena adanya pengambilan air tanah yang berlebihan oleh penduduk. Fenomena tersebut termasuk aspek geografi yaitu ...
a. Aspek organik
b. Aspek biotik
c. Aspek sosial
d. Aspek budaya
e. Aspek fisik

Jawaban: E
Masih tergolong dalam aspek fisik, karena dalam hal ini yang ditekankan adalah penurunan permukaan tanah di Jakarta. Jika yang ditekankan adalah pengambulan air tanah yang berlebih oleh penduduk akan menjadi aspek sosial/ non fisik.

25. Gempa bumi terjadi akibat pergeseran lempeng lithosfer.
Dalam geografi gejala tersebut termasuk ...
a. Aspek fisik
b. Aspek budaya
c. Aspek sosial
d. Aspek nonfisik
e. Aspek manusia

Jawaban: A
Litosfer termasuk dalam aspek fisik geografi sedangkan yang termasuk dalam aspek non fisik/sosial adalah antroposfer

26. Fenomena geografi:
1) Erupsi gunung api Sinabung di Sumatera; (aspek fisik)
2) Kabut asap di Riau akibat pembakaran hutan; (aspek non-fisik)
3) Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan oktober – April; (aspek fisik)
4) Rawa pasang surut dijadikan areal pertanian. (aspek non-fisik)
Aspek non fisik dalam fenomena geografi terdapat pada angka ...
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 4)
Jawaban: D

27. Fenomena geosfer:
1) Luas danau di Jatiluhur makin menyempit; (aspek fisik)
2) Hujan lebat di Pandeglang; (aspek fisik)
3) Banjir di Jakarta; (aspek fisik)
4) Tsunami di Pantai Padang; (aspek fisik)
5) Gunung Rokatenda meletus. (aspek fisik)
Aspek fisik dari fenomena tersebut terdapat pada angka ...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 3), dan 5)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

 Jawaban: -
Dari 5 pernyataan diatas semua dapat digolongkan dalam aspek fisik. Akan tetapi jikalau harus ada jawaban, jawaban yang paling mendekati benar adalah D 2), 4) dan 5). karena menyempitnya luas danau atau waduk jatiluhur dan banjir di Jakarta berkaitan dengan aktivitas manusia. Meskipun banjir sendiri dapat digolong dalam bencana alam yang diakibatkan oleh faktor alam sendiri (hujan terus menerus dan daerah ada dataran banjir) dan faktor manusia (akibat sampah di sungai, rusaknya daerah penyangga, dll)

28. Fenomena geosfer:
1) Musim kemarau kekurangan air; (aspek fisik)
2) Pada jam pulang kerja terjadi kemacetan; (aspek sosial)
3)Letusan gunung api merusak lahan pertanian; (aspek fisik)
4)Kebakaran semak akibat pembukaan ladang; (aspek sosial)
5) Gempa bumi merusak rumah warga. (aspek fisik)
Aspek fisik geografi terdapat pada angka ...
a. 1), 2), dan 4)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 3), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 2), 4), dan 5)

Jawaban: C

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Pembahasan Soal UN Geografi 2013-2014