Hello sobat, kali ini admin ingin berbagi contoh penelitian sosial. Namun,  Admin tidak bisa mempublikasikan laporan penelitiannya secara utuh. Karena berbagai alasan yang tidak bisa saya jelaskan disini.

Contoh Penelitian Sosial


A. Judul

Peran Orang Tua dalam Mengantisipasi Pergaulan Bebas Remaja di Desa Karanggondang

B. Latar Belakang Masalah

Pada era modern globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan juga teknologi berkembang pesat. Maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja menjadi dampak buruk globalisasi yang berakibat pada rusaknya moral di kalangan generasi muda. Berkaitan dengan hal tersebut , peran orang tua sangat diperlukan dalam menjaga, mendidik, serta mengantisipasi anak dari pergaulan bebas pada era globalisasi ini. Disinilah orang tua berperan dalam membentuk kepribadian anak remajanya dengan memberikan pendidikan disiplin dalam keluarga. Lingkungan keluarga yang menjadi lingkungan pendikan pertama sekaligus utama dapat menjadi peletak dasar bagi pendidikan remaja dalam membekali diri dari pengaruh pergalan bebas pada masa kini. 

Masa remaja dapat dikatakan sebagai masa pencarian jati diri. Masa remaja adalah masa penuh gairah, semangat, energi dan pergolakan. Karena pada masa remaja, remaja tidak hanya mengalami perubahan secara fisik saja tetapi juga secara psikologis. Pada masa ini ada kebanggaan sekaligus kebingungan.Suatu kebanggan karena sebagai remaja, stasus sosial mereka berubah dari anak-anak menjadi remaja. Disebut suatu kebingungan karena remaja belum siap mental untuk terjun langsung dalam pergaulan di tengah-tengah masyarakat.
Dalam perkembangan remaja, secara fisik memang sudah matang tetapi secara psikologis masih kurang. Dalam menjalani masa remaja belum semua remaja dapat menjalaninya dengan baik. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor internal remaja itu sendiri maupun faktor eksternal dari remaja itu. Untuk memberikan binaan dan bimbingan, orang tua tidak dapat hanya memanifestasikan dengan menyediakan kebutuhan primer saja, karena remaja lebih membutuhkan perhatian dan pengertian dari orang tua agar tumbuh menjadi matang dan dewasa.

Desa Karanggondang terletak di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Di desa ini mulai terpengaruh oleh arus globalisasi yang berdampak buruk bagi masyarakat, khususnya remaja. Para remaja menuntut untuk mendapat kesempatan dalammenyampaikan ide, gagasan serta pendapat mereka di dengarkan dan dipertimbangkan orang tua dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di lingkungan keluarga. Sementara pihak orang tua seringkali memaksa kehendak anaknya, sehingga dalam hal ini dapat terjadi ketidakseimbangan dalam keluarga. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku remaja yang dapat berujung pada pergaulan bebas di kalangan remaja.

Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan diatas, Peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana peran orang tua dalam mengatasi pergaulan remaja di desa Karanggondang. Sehingga Peneeliti tertarik mengkaji dengn judul: Peran Orang Tua dalam Mengantisipasi Pergaulan Bebas  Remaja di Desa Karanggondang.

B. Rumusan Masalah 

Berkaitan dengan latar belakang, maka dapat dirumuskan pokok permasalahan yaitu Bagaimana peran orang tua dalam mengantisipasi pergaulan bebas remaja di desa Karaggondang.

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui bentuk-bentuk pergaulan bebas remaja di desa Karanggondang 
2. Untuk memberi solusi terkait masalah pergaulan bebas di desa Karaggondang
3. Untuk mengetahui usaha orang tua dalam mengantisipasi pergaulan bebas remaja di desa Karanggondang 
4. Untuk mengetahui seberapa besar ketelibatan orang tua sebagai peran utama mengantisipasi keterkaitan remajanya dalam pergauan bebas

D. Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam mengantisipasi pergaulan bebas remaja di desa Karanggondang, di harapkan dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:

1. Bagi peneliti
Penelitian ini di harapkan dapat memperluas wawasan tentang peran orang tua dala mengantisipasi pergaulan bebas remaja di desa Karanggondang 

2. Bagi Keluarga dan masyarakat
Penelitian ini di harapkan dapat menjadi masukan dalam cara mendidik,membimbing dan mengarahkan remajanya agar tidak terpengaruh pada pergaulan bebas remaja 

3. Bagi peneliti lain 
Penelitian ini di harapkan dapat menjadi bahan acuan untuk mengkaji dan menganalisis peran orang tua dalam mengantisipasi pergaulan bebas remaja.

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Contoh Laporan Penelitian Sosial Terkait Masalah Pergaulan Bebas