Ujian semakin dekat, jangan sampai belajar jadi berat !

Bicara soal ujian yang sudah semakin dekat, Apa kalian sudah siap?. Siap atau tidak siap kita harus menghadapinya. Anak-anak kelas 6, kelas 9, dan kelas 12 bentar lagi ujian kan? Jangan lupa buat belajar ya ! karena ujian bukan sekedar bisa lulus, tetapi lebih dari itu, ujian itu pencapaian kita selama di sekolah. Tentu pencapaian itu pastinya berguna buat kita kedepannya, apalagi buat anak SMA. Karena pada tingkat SMA itulah ujian sekolah terakhir buat mereka.


Sebelum menghadapi ujian, banyak hal yang perlu kita siapkan. Belajar dan berdoa bisa jadi bekal kita menghadapi ujian. Namun karena banyaknya tes seperti Simulasi, Try out, Pra UN, USBN, UNBK dll dapat membuat kita pusing, ditambah lagi masih banyak tugas sekolah dan ulangan. Biasanya hal itu membuat kita jadi berat belajarnya. Oleh karena itu, artikel ini mungkin dapat membantu. Langsung aja ya, inililah sedikit saran, tips, dan motivasi dari saya.

Awali dengan niat

Segala sesuatu harus diniati, termasuk belajar. Cara pertama ini berasal dari diri kalian sendiri, bukan orang lain. Sangat dibutuhkan kesadaran untuk belajar, dan kesadaran itu dapat tumbuh dari keinginan. Jika tidak ada kemauan untuk belajar, maka akan sangat sulit melakukannya. Maka dari itu kalian perlu membangun niatan untuk mau belajar.

Terimalah teguran

Banyak diantara kita pasti ada seseorang  yang sering mengingatkan kita untuk belajar. Biasanya, cara mereka mengingatkan sangat beragam, bisa jadi dengan memarahi, memaksa, memotivasi dan sebagainya. Itu tandanya mereka peduli dengan kalian, maka cobalah menghargai itu. Dorongan dari orang-orang sekitar kalian bisa jadi membuat kita sadar untuk mau belajar, tapi hanya sesaat sadarnya. 

Paksa diri 

kesadaran yang sangat sebentar itu, paling tidak ada gunanya. Selanjutnya adalah memaksa diri untuk belajar. Bahkan jika perlu, beri sedikit hukuman jika tidak bisa memaksakan diri.

Saatnya membiasaan

Supaya konsiten belajar, kita perlu terbiasa melakukan cara-cara sebelumnya. Kita bisa karena terbiasa. 

Itulah sedikit cara untuk menghilangkan malas belajar dari saya. Kesimpulannya adalah kemalasan itu muncul dari diri sendiri, maka diri itulah yang sebenarnya berperan penting  dalam menyingkirkan rasa malas itu. Dan orang lain hanya berperan kecil terhadapnya.

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Ujian semakin dekat, jangan sampai belajar jadi berat !