Mencapai tujuan hidup dimulai dari diri kita


Salam sahabat !!!. Selamat datang kembali di blog Motivedu. Pada kesempatan ini, kita akan membahas  mengenai tujuan hidup. Dalam hidup ini, kita harus memiliki tujuan hidup. Jika hidup tanpa tujuan, tentu hidup menjadi tak terarah dan tak karuan. Kalian dapat memilih dan menentukan tujuan hidup seperti apa yang kalian inginkan. Untuk mencapai tujuan hidup, kita harus berusaha sekuat tenaga dan disertai persiapan matang tentunya.



Apa sih tujuan hidup?. Tujuan hidup merupakan sesuatu yang akan Anda pahami sementara Anda semakin tinggi mendaki gunung kehidupan. Sementara Anda mendapatkan sudut pandang yang lebih besar, Anda akan lebih memahami perjalanan itu sendiri, dengan melihat ke belakang dan dengan menjadi semakin mampu mengantisipasi apa yang di depan. Lebih singkatnya, tujuan hidup dapat saya artikan sebagai arah dari perjalanan hidup manusia selama di dunia.

Seperti apa tujuan hidup? Apakah seperti hidup untuk kemewahan, kekayaan, pangkat ataupun kedudukan?. Tentu tidak, dunia merupakan suatu tempat yang lapar dan kesepian. Penuh dengan fantasi dan kebodohan. Penderitaannya sangat mendalam. Kebingungannya berat. Kekerasannya menyakitkan. Kesempatan-kesempatannya besar. Siapakah yang dapat melihat hal-hal ini selain mereka? karena hal ini adalah sesuatu yang dapat mereka rasakan. Mereka merasakan bahwa mereka telah datang ke sini karena suatu sebab. Sesuatu yang mereka belum bisa tentukan, tetapi yang mereka tidak bisa abaikan pula. Sesuatu yang lebih agung memanggil mereka. Ini adalah tujuan hidup. Akhirnya, jika mereka menanggapi hal ini, mereka akan memulai persiapan mereka. Ini adalah tujuan hidup. Jika mereka tetap dengan persiapan mereka dan maju di dalamnya, tanpa berusaha untuk mengubah atau menggantinya, mereka akan mulai mendapatkan wawasan dan pemahaman yang lebih besar. Ini adalah tujuan hidup. Jika mereka melanjutkan dan tidak menjadi mangsa kesalahan persepsi bahwa mereka sudah maju, maka Pengetahuan secara perlahan akan mulai tumbuh dalam diri mereka, dan persepsi dan pemahaman mereka tentang hal-hal akan berubah. Kesadaran mereka mengenai misteri kehidupan akan semakin tumbuh mendalam, dan kemampuan mereka dalam kehidupan, dalam hubungan-hubungan pertalian mereka, dalam karir mereka, dalam semua aktivitas mereka akan semakin dalam. Ini adalah tujuan hidup. Pada titik tertentu, mereka akan memberikan diri mereka demi sesuatu yang melibatkan orang lain dalam pelayanan kepada dunia secara sesuai dengan sifat mereka dan bagan mereka. Akan alami bagi mereka untuk memberikan diri dengan cara ini, seperti halnya akan tidak wajar bagi mereka untuk menolaknya. Ini adalah tujuan hidup.

Ketika Anda memiliki tujuan hidup, anda dapat mencapai apa yang anda inginkan. Seseorang akan berhasil menjadi orang sukses ketika dia berhasil meraih apa yang dia inginkan. Tanpa memiliki tujuan yang jelas, tentu saja kamu tak akan meraih sesuatu yang cemerlang. Misalnya saja, ketika akan meraih kesuksesan, tentu saja diperlukan usaha keras pantang menyerah dan disertai panjatkan doa.

Anda adalah produk dari dari lingkungan Anda. Maka, pilihlah lingkungan terbaik bagi pengembangan Anda menuju tujuan-tujuan Anda. Analisalah hidup Anda melalui lingkaran Anda. Apakah hal-hal di sekitar Anda membantu Anda menuju sukses atau malah menahan Anda?. Jadi, lingkungan memiliki peranan yang besar bagi manusia termasuk menyangkut tujuan hidupnya.

Memiliki tujuan hidup sangat penting dalam hidup ini. Namun, tujuan hidup bukanlah hanya untuk menjadi sebuah angan-angan saja. Tetapi harus ada tindakan untuk merealisasikannya. Tanpa ada tindakan nyata, tujuan itu tak akan tercapai. 

Tujuan hidup merupakan rencana. Rencana sebagus apapun akan sia-sia tanpa ada strategi untuk melakukan tindakan. Anda butuh rencana dasar untuk melakukan suatu kegiatan demi mencapai apa yang menjadi tujuan hidupmu. Jangan hanya menjadikan tujuan hidup menjadi khayalan imaginasi saja tanpa melakukan suatu tindakan nyata.

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Tanpa ada tujuan hidup, orang akan merasa seperti hampa. Tak ada sesuatu yang ingin dicapai membuat hidup terombang-ambing. Tujuan hidup untuk melakukan segala sesuatu untuk mencapai kebahagiaan harus Anda lakukan. Dengan berpedoman dengan agama, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan batiniah. Dari sini, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki sebagai tujuan hidup.

Dalam menjalani kehidupan ini, selalu fokuslah dalam mencapai tujuan hidup. Akan tetapi, ikuti alur yang terjadi dalam hidup ini, seperti saat anda merasa bersedih ataupun menjadi bahagia. Setegar apapun seseorang, pasti membutuhkan waktu untuk menangis ketika merasa bersedih. Ketika Anda sudah merasa baik-baik saja, Anda bisa kembali fokus pada tujuan hidup. Dengan cara ini kamu akan merasa lebih mudah dalam mencapai kebahagiaan dari tujuan hidup yang telah berhasil dicapai.

Percayalah bahwa tak ada usaha yang sia-sia karena hasil tak pernah berkhianat dengan proses yang telah dilakukan. Dengan begitu, jika anda melakukan proses yang sulit dalam mencapai tujuan hidup, hasil yang akan anda dapatkan akan lebih memuaskan.

Hidup tanpa tujuan memang membuat seseorang hanya berputar-putar pada keadaan yang sama. Hal ini akan sangat sia-sia. Bahkan, ada seseorang yang memiliki prinsip hidup lebih baik mati daripada tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Hal tersebut karena hidup akan menjadi sia-sia tanpa ada tujuan untuk mencapai tujuan.

Orang boleh memiliki tujuan yang setinggi mungkin sebagai harapan dalam hidupnya. Dengan bekerja keras, tak ada hal yang tak mungkin bisa dicapai jika dengan melakukan usaha keras. Jadi, belajarlah untuk memiliki tujuan hidup yang berkualitas sehingga hidup anda akan mendapatkan apa yang ingin anda capai. Hal yang harus dilakukan ialah memiliki kepercayaan diri dan semangat tinggi dalam mencapai tujuan hidup. Sesuatu yang tidak mungkin tercapai bisa tercapai dengan semangat yang tinggi.

Masih tentang tujuan hidup. Untuk mencapai segala sesuatu, kita harus belajar dari masa lalu. Selalu ada makna dari setiap peristiwa. Selalu ada pengalaman baru dari peristiwa masa lalu. Seseorang akan semakin dewasa dan bijaksana dalam menjalani kehidupan ini setelah mendapatkan banyak pengalaman pahit dan manis.

Setiap orang harus memiliki tujuan hidup yang bisa berguna baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Jangan asal memiliki tujuan hidup yang tidak bermanfaat karena itu sama dengan sia-sia. Sebagai manusia normal, pasti kita semua ingin bisa hidup lebih baik dari sekarang. Bisa selangkah lebih maju dari kondisi saat ini merupakan suatu proses dari pencapaian dari tujuan hidup.

Hidup akan selalu memiliki rencana yang berbeda untuk Anda. Jika Anda tidak menyerah, akhirnya Anda akan sampai ke tujuan Anda. Namun menjelang akhir hidup Anda, Anda mungkin melihat ke belakang dan menyadari bahwa itu tidak pernah benar-benar tentang tujuan; itu adalah perjalanan yang dihitung.

Hidup itu pilihan. Tapi untuk memilih yang baik, Anda harus tahu siapa diri Anda dan apa yang Anda perjuangkan, ke mana tujuan Anda, dan mengapa Anda ke sana. Jika seseorang berusaha keras dan fokus terhadap tujuan hidupnya, kemudahan dalam mencapai tujuan hidup tersebut akan diraih. Tentu saja, dalam proses perjalanan menuju tujuan yang Anda impikan, ada beberapa kendala yang harus dilewati. Saat Anda mampu mengatasinya, saat itu pula Anda semakin dekat dengan tujuan hidup anda. 

Apabila anda ingin memiliki tujuan yang jelas, milikilah tujuan hidup. Setiap hari ada motivasi dalam menjalani kehidupan untuk mencapai tujuan tersebut. Anda dapat mengisi hari-hari anda demi tercapainya tujuan tersebut.

Jika anda berpikir bahwa tujuan hidup bisa diraih dengan waktu yang instan, hal ini sangatlah salah. Sebab segalanya bisa dicapai dengan proses yang cukup lama. Tahukah anda bahwa segala sesuatu yang dicapai dengan cara instan tidak akan bertahan lama? Nikmatilah proses menuju apa yang anda inginkan dalam hidup ini. Tentu saja pencapaian itu akan dimulai dari hasil kecil terlebih dahulu. Lambat laun, hasilnya akan terlihat menjadi besar. Ingatlah !!! hidup ini penuh dengan perjuangan. Tak ada sesuatu yang bisa didapatkan dalam waktu yang singkat.

Manusia dibekali oleh akal dan pikiran oleh Allah SWT. Saat menentukan tujuan hidup kita, pikirkan baik-baik mengenai hal yang mampu kita capai. Anda dapat mengukur di mana batas kemampuan anda saat ingin mencapai segala sesuatu. Sebab, apabila anda memiliki tujuan hidup yang terlalu muluk di luar batas kemampuan, itu akan sangat menyakitkan saat tidak mampu meraihnya. Memang, ada seseorang yang mengatakan bahwa gantungkan mimpi setinggi langit. Namun, semua itu tentu saja harus diiringi dengan usaha dan kerja keras berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Di dunia modern ini, banyak orang yang berkata bahwa hidup ini sudah tidak ada artinya lagi. Sebenarnya, ketika ada seseorang yang berkata seperti itu, sebenarnya dia tidak memiliki tujuan hidup. Tujuan hidup akan membuat seseorang menjalani kehidupannya dengan penuh semangat dan tidak merasa semangat. Tujuan itulah yang mampu membuat seseorang melakukan hal dengan sebaik mungkin demi tercapainya sebuah tujuan.
Dari penjelasan diatas, seharusnya kita dapat lebih siap dalam menentukan tujuan hidup kita. Bagi kalian yang berjuang untuk mencapai tujuan, seperti saya. Janganlah menyerah meski lelah.. Tetap semangat menjalani hidup yang penuh tantangan ini..

Sampai berjumpa lagi di kesempatan selanjutnya..


Tulisan ini adalah penulisan tangan sendiri yang disertai perubahan dan perbaikan kata disertai pandangan dari penulis. 

Sumber:
https://www.newmessage.org/id/pesan/volume-2/spiritualitas-komunitas-besar/apakah-tujuan-hidup-manusia-itu/
http://pertamakali.com/2017/01/kata-kata-bijak-fokus-pada-tujuan.html
x

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Mencapai tujuan hidup dimulai dari diri kita